Selamat Datang

Portal InaBIF Beta merupakan test portal pengelolaan pengetahuan (knowledge management) untuk sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional Indonesia yang akan menyimpan, mengelola dan mengintegrasikan data dan informasi Sumber Daya Genetik dan Pengetahuan Tradisional (SDGPT) Indonesia Portal ini diharapkan dapat berfungsi sebagai media untuk memfasilitasi berbagai informasi antar lembaga penelitian, perguruan tinggi, pemerintah daerah, penentu kebijakan, dan keamanan (bea cukai dan kepolisian. Portal ini diharapkan juga mengakomodasi perdagangan flora dan fauna yang diijinkan oleh CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora). Dengan adanya Portal ini diharapkan dapat :
  1. Meningkatkan Kesadaran Publik tentang sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional Indonesia dan potensinya
  2. Memberikan kemudahan publik untuk mengakses informasi tentang sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional dan mengoptimalkan pemanfaatan dan perlindungannya
  3. Memberi kemudahan kepada bangsa Indonesia dalam melindungi SDGT dan memperjuangkan haknya atas segala keuntungan yang diperoleh dari SDGPT bagi sebesar-besar kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.
Portal ini masih dalam tahap prototipe untuk tanaman dan baru mengintegrasikan lima database yaitu Prosea (Plant Resources of South Asia), IBIS (Indonesian Biodiversity Information System), Lintrad (Program Perlindungan Tanaman Obat dan Pengobatan Tradisional), ISJD (Indonesian Scientific Journal Database), dan ISTDL (Indonesian Science and Technology Digital Library).

Portal ini dikembangkan oleh Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi serta Global Biodiversity Information Facility (GBIF).

Indonesia Biodiversity Information Facility (InaBIF)
Pusat Penelitian Biologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Jl. Raya Jakarta Bogor km. 46
Cibinong Science Center, Cibinong, Jawa Barat - Indonesia
Phone +62 21 8765056